Tips Menata Rumah Kecil Agar Selalu Rapi dan Lega

Memiliki rumah kecil yang sederhana tetap harus disyukuri. Meskipun Anda memiliki rumah yang tidak terlalu besar, namun akan tetap nyaman apabila ditata dengan baik. Ada banyak metodeĀ  yang bisa dilakukan untuk membuat rumah kecil agar selalu rapi dan terasa lega.

Tips Menata Rumah Kecil

Apapun material yang digunakan untuk membuat rumah, baik itu bata ringan, bata merah, kayu atau yang lainnya, akan memiliki kelebihan masing-masing. Rumah mungil Anda, bisa disulap menjadi tempat tinggal yang estetik dengan mengikuti tips berikut ini:

  • Mengecat ulang dinding

Tips yang pertama adalah mengecat ulang dinding rumah Anda. Ukuran rumah yang kecil sebaiknya menggunakan warna cat minimalis seperti warna putih atau krem. Kombinasikan warna tersebut dengan warna coklat atau hitam untuk kusennya.

Rumah kecil apabila dicat dengan warna seperti pink, hijau, ungu atau warna-warni yang lainnya justru membuat ruangan terasa sempit. Warna minimalis sangat efektif menciptakan suasana rumah yang lebih lega dan nyaman.

  • Memilih perabotan yang efisien

Berikutnya Anda harus mengganti perabot lama yang sudah usang dengan perabot baru. Pilihlah perabotan dengan desain minimalis namun memiliki fungsi yang lebih. Misalnya saja Anda ingin mengganti dipan tempat tidur, pilihlah dipan yang memiliki desain minimalis dan terdapat storage di bawahnya.

Hindari memilih perabotan dengan ornamen yang terlalu rumit. Perabot minimalis yang tidak terlalu banyak, akan membuat ruangan terlihat lebih estetik dan glamour.

  • Memperbaiki pencahayaan

Untuk menjadikan ruangan terasa lebih lega, Anda juga harus memperbaiki pencahayaan. Jika ternyata ruangan sangat minim cahaya karena sedikit jendela, Anda bisa melakukan sedikit renovasi. Namun jika tidak ingin melakukan renovasi, Anda hanya perlu menambahkan lampu hias gantung dan lampu hias lainnya yang cocok untuk ruangan di rumah.

Pencahayaan sangat penting karena bisa memperbaiki suasana rumah yang tadinya suram menjadi lebih terang. Anda bisa menentukan sendiri lampu yang paling sesuai untuk rumah kecil Anda. Namun paling tepat adalah memilih lampu dengan model minimalis menyesuaikan dengan ukuran ruangan.

  • Penataan ruangan yang tepat

Selanjutnya, Anda bisa mulai untuk menata ruangan. Peletakan furniture serta dekorasi harus diperhatikan dengan seksama. Agar ruangan lega dan mudah dibersihkan, jangan terlalu banyak menempatkan perabotan di dalam rumah.

Tempatkan perabotan yang memang sangat penting, misalnya saja seperti meja, kursi, almari, etalase, dan yang lainnya. Dekorasi juga perlu dibatasi agar tidak membuat ruangan terasa penuh.

  • Pilih dekorasi minimalis

Untuk mempercantik suasana rumah mungil Anda, jangan lupa untuk menambahkan beberapa dekorasi minimalis pada dinding. Selain itu juga bisa menambahkan dekorasi seperti tanaman hijau di dalam pot dan bunga-bunga artificial di atas meja.

Dekorasi dalam rumah menjadi sesuatu yang sangat penting. Adanya dekorasi mampu menghidupkan suasana ruangan agar lebih indah.

Untuk menjaga ruangan agar tetap bersih, setiap anggota keluarga harus memiliki kebiasaan positif. Hindari terlalu banyak menumpuk barang di atas almari atau meja. Segera buang sampah apabila selesai melakukan kegiatan seperti makan atau bekerja.

Rumah yang indah bukan hanya diciptakan karena desain dan dekorasi. Akan tetapi rumah yang indah sangat dipengaruhi pada tingkat kerapian dan kebersihannya.

Jika Anda ingin melakukan renovasi pada rumah, baik itu renovasi kecil maupun besar, sebaiknya menggunakan material berkualitas tinggi. Anda bisa menggunakan bahan bangunan untuk material konstruksi terbaik dari SCG.

Produk-produk SCG dikenal memiliki kualitas yang bagus namun harganya tetap terjangkau. Salah satu produk unggulan SCG adalah smartblock. Anda bisa mendapatkan smart block yang ringan, kokoh, awet, dan sejuk. Anda juga bisa membeli material lain seperti semen, pipa, dan yang lain sebagainya dengan mengunjungi website www.scgcbm.id.

https://www.popmama.com/amp/life/home-and-living/kintan/tips-menyiasati-ruangan-sempit-agar-terlihat-lebih-luas

https://www.ruparupa.com/blog/tips-menata-ruangan-sempit/amp/

https://amp.dekoruma.com/artikel/51938/rahasia-menata-rumah-kecil