Festival Malabot Tumbe dan 5 Wisata Cantik Luwuk Banggai

Berbicara tentang keunikan  budaya di nusantara memang tidak akan ada habisnya! Terdiri dari berbagai suku dengan kepercayaan, pengetahuan, seni, tradisi, dan adat istiadat yang berbeda-beda, pastinya cukup mudah buat kamu untuk nemuin kebudayaan yang unik di Indonesia. Walaupun begitu, tetapi mungkin masih ada beberapa budaya di luar sana yang masih belum kamu kenal. Salah satunya adalah ceremonial Malabot Tumbe. Karenanya, bagi kamu yang penasaran dengan budaya tersebut, kamu bisa menghadiri Festival Malabot Tumbe, sebagai salah satu event budaya yang sayang untuk dilewatkan.

Sekilas Tentang  Festival  Malabot Tumbe 2022

Festival Malabot Tumbe 2002 akan digelar mulai tanggal 1-8 Desember 2022.  Festival ini mengangkat Upacara Adat Mombowa Tumpe dan Malabot Tumbe sebagai inti dari perayaan event budayanya.

Upacara Adat Malabot Tumbe adalah Upacara adat penjemputan telur burung Maleo (Macrocephalon Maleo) yang bertelur Pertama kali pada musim pertama di bulan desember. Event ini diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Banggai dan Kabupaten Banggai Laut yang diikuti oleh pemangku adat, elemen masyarakat, pelajar dan pemangku kepentingan lainnya.

Apa Saja yang Seru di Festival Malabot Tumbe 2022

Pada tahun 2022, festival ini diadakan di dua wilayah yakni Kabupaten Banggai serta Kabupaten Banggai Timur dengan rangkaian acara Tarian kolosal atau oratorium pada acara pembuka, penayangan konten-konten, seni pertunjukan tradisional, musik etnik, karnaval budaya, hadang (kalar), olahraga tradisional hadang gasing, pameran ekonomi kreatif masyarakat lokal.

Yang tidak kalah seru, berbagai  lomba juga  digelar  dari mulai lomba menyanyi, lomba lempar kelapa, lomba lari bambu, lomba sunggi kelapa, lomba gasing, lomba mewarnai tingkat PAUD dan Sekolah Dasar, lomba kuliner lokal buyu yang akan mendapatkan piala bergilir dari Kementrian Pariwisata RI, serta Lomba-lomba lainnya memperebutkan Piala bergilir Bupati Banggai. Dampak perekonomian dari acara ini adalah meningkatnya perekonomian lokal dan masyarakat di sekitar lokasi acara.

5 Destinasi Wisata Tercantik di  Luwuk Banggai

Tidak hanya menikmati festival Malabot Tumbe, ketika di Luwuk Banggai, kamu juga bisa menghadiri berbagai destinasi wisata cantik  di sana. Di bawah ini adalah beberapa daftar wisata cantik yang wajib kamu datangi.

1.   Pantai Teduang

Berbagai kegiatan di laut bisa kamu lakukan di pantai ini. Sebab pantai Teduang memiliki ombak yang tenang mengingat ia berada di dalam teluk. Airnya yang jernih dan juga bening akan semakin membuat kamu terpesona. Pengelola bahkan menyusun bebatuan di lautan hingga jadi bentuk yang lucu. Suasananya yang romantis membuat Pantai teduang sering dijadikan sebagai tempat untuk hanimun. Pemandangan sekitarnya juga memukau dan membuat betah.

2.   Danau Tendetung

Danau satu ini menawarkan kecantikan yang tidak akan bisa kamu tolak. Danau ini terbilang luas dengan pepohonan rindang yang mengelilinginya. Panorama yang ditawarkan oleh Danau Tendetung memang begitu memukau. Danau cantik ini sangat cantik untuk dijadikan sebagai tempat melepas penat. Terutama untuk kamu yang memang ingin merasakan ketenangan dan melihat ciptaan Tuhan yang membuat banyak bersyukur.

Untuk menuju Danau Tendetung bisa dilakukan dengan mengambil rute melalui rute kecamatan Totikum. Meskipun indah namun tetap harus berhati hati ketika mengunjungi danau Tendetung ini. Apalagi saat musim penghujan, jalannya akan menjadi sangat licin. Belum lagi terdapat genangan di mana mana yang membuat harus berhati hati. Meskipun aksesnya cukup sulit namun keindahannya memang bukanlah isapan jempol belaka.

3.   Pulau Dua

Pulau Dua adalah destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Ada banyak spot foto untuk kamu yang berburu foto dengan spot instagramable. Pulau Dua sendiri merupakan pulau yang merupakan kawasan pesisir di Kabupaten Banggai. Pemandangan eksotis laut biru yang luas ditambahkan dengan sabana luas yang membuatnya pulau ini semakin cantik. Pantai cantiknya juga tidak bisa untuk tidak kamu jajal.

Pantai di pulau ini memiliki pemandangan bawah laut yang memukau. Kegiatan berenang maupun snorkeling menjadi aktivitas yang paling banyak dipilih. Untuk sampai pada tempat indah ini, kamu harus melakukan perjalanan yang cukup panjang. Perjalanan laut dan darat ini disarankan untuk dilakukan saat pagi atau sore hari. Karena jika melakukan perjalanan saat malam hari infrastrukturnya belum begitu bagus meskipun fasilitas di pulau ini sudah begitu memadai.

4.   Pantai Kilo Lima

Destinasi berikutnya adalah Pantai Kilo Lima. Destinasi ini memang masih jarang dijamah turis karena tempat ini masih begitu terjaga. Pantai ini membentang di garis terdepan kota Luwuk. Adanya nama Pantai Kilo Lima ini memiliki arti tersendiri. Kilo Lima artinya adanya 5 KM dari Luwuk. Pesona dari pantai ini karena kebersihannya yang masih begitu terjaga. Tak heran jika memang banyak pengunjung yang datang untuk bersantai dan menikmati waktu berlibur di pantai yang masih terjaga keasriannya ini.

Ada beragam fasilitas dan masakan khas daerah dari luar daerah Kabupaten Banggai yang ada di kafe di sepanjang kawasan wisata. Pesona ini juga tak bisa dielak karena menjadi daya tarik utama untuk para pengunjung.

5.   Air Terjun Salodik

Air Terjun Salodik memiliki ketinggian 750 hingga 1000 mdpl yang menjadikannya sebagai kawasan wisata yang sejuk dan bisa dikunjungi terutama ketika berlibur bersama keluarga. Sungainya berwarna jernih, hijau keabu-abuan serta adanya suasana yang sejuk dan segar. Siapapun bisa berenang dan berendam berlama-lama yang ada di dalamnya. Air terjun ini akan mengalir secara bersusun dan tidak ada habisnya bahkan ketika kemarau.

Ada hijaunya hutan tropis yang mengelilingi air terjun Salodik. Tentu kondisi ini menjadikannya sebagai tempat yang cocok dalam mengasingkan diri sesaat dari keramaian kota. Di kawasan ini juga dijadikan sebagai tempat berburu spot untuk yang hobi dalam fotografi. Adanya bebatuan alami yang datar dialiri curahan air dari aliran Sungai Salodik yang bisa menambah pesona.

Wisata ini berada di Desa Salodik, kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggi. Tepatnya berada di Provinsi Sulawesi Tengah yang cukup mudah untuk menjangkau Air Terjun Salodik untuk pengunjung manapun.

Menghadiri Festival  Tumbe 2022 dan menjelajah keindahan Luwuk Banggai pastinya akan menjadi pengalaman seru liburan yang tak terlupakan.

Bagi kamu penggemar traveling, mengelilingi Indonesia bersamaan dengan adanya festival  akan menjadi nilai tambah  yang sayang untuk dilewatkan. Agar tidak  tertinggal, kamu bisa mulai mencari tahu, apa saja yang asyik di festival Indonesia kedepan melalui web Karisma Event Nusantara. Jangan lupa catat tanggalnya ya, dan nikmati liburan seru di Indonesia dalam kemeriahan festivalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *