6 Hal yang Perlu Anda Pahami Sebelum Sewa Kios untuk Tempat Usaha

Sewa kios atau ruko merupakan salah satu solusi bagi pemilik usaha yang belum mempunyai tempat untuk menjalankan usahanya. Kios atau ruko nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk memproduksi maupun menjual barang dagangan yang Anda miliki.

Menyewa kios tidak boleh sembarangan. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk menyewa sebuah kios tempat dagang. Berikut 6 hal yang perlu Anda pahami sebelum menyewa kios.

1. Lokasi Kios

Lokasi kios yang akan Anda sewa menentukan jumlah pembeli yang akan datang. Usahakan memilih kios dengan lokasi yang strategis agar banyak calon pelanggan yang tertarik untuk berkunjung.

Sebelum menentukan lokasi kios, Anda harus mempertimbangkan jenis usaha dan target konsumennya. Jika Anda ingin berbisnis di bidang otomotif, usahakan untuk memilih kios di tepi jalan raya karena target konsumennya adalah orang-orang yang memiliki kendaraan. Berbeda halnya jika ingin berbisnis di bidang kuliner, Anda harus memilih kios yang dekat dengan keramaian seperti gedung perkantoran maupun sekolah.

Lokasi kios di daerah perkotaan lebih menjanjikan daripada daerah pinggiran. Misalnya kota Jakarta Pusat, bisa dipastikan kota tersebut kota yang besar dan berpotensi di bidang bisnis. Dengan sewa kios bulanan Jakarta Pusat, Anda akan memiliki pasar bisnis yang menjanjikan asal jenis usaha serta target konsumennya jelas.

2. Potensi Pasar

Tidak hanya lokasi kios yang strategis, Anda juga harus mempertimbangkan potensi pasar di lingkungan sekitar kios. Lokasi kios yang strategis tidak menjamin lancarnya sebuah bisnis. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan survei untuk memastikan potensi pasar di kawasan kios tersebut.

Anda bisa mengunjungi kawasan kios beberapa kali untuk memastikan tingkat keramaian pengunjung yang datang. Selain itu, Anda juga harus menghitung jumlah pesaing yang serupa dengan bisnis yang akan Anda jalani. Jika memang terlalu banyak kompetitor yang sama, sebaiknya Anda mengubah jenis bisnis Anda atau pindah untuk mencari kios di tempat lain.

3. Status Legalitas Kios

Agar tidak mengalami permasalahan di kemudian hari, Anda harus memastikan bahwa kios disewa mempunyai status legalitas yang jelas.

Anda harus memastikan bahwa kios mempunyai Sertifikat Hak Milik (SHM) atau minimal Hak Manfaat Bangunan (HGB). Jika bangunan kios masih berstatus HGB, pastikan untuk mengecek masa berlakunya.

Karena Anda ingin menggunakan kios sebagai tempat usaha, pastikan pula bahwa kios telah mengantongi Izin Mendirikan Usaha (IMB) dari pihak berwenang.

Jika kios yang akan Anda sewa tidak memiliki dokumen-dokumen di atas, sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk menyewa kios tersebut. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari permasalahan izin penggunaan kios di kemudian hari.

4. Kondisi dan Fasilitas Kios

Sebelum menyewa sebuah kios, pasti Anda datang langsung ke lokasi untuk mengecek langsung kondisi kios. Jika Anda menyewa kios yang sebelumnya telah terpakai, sebaiknya Anda memeriksa bagian-bagian ruko yang rusak. Hitung biaya renovasi yang dibutuhkan jika Anda menyewa ruko tersebut. Apabila biaya renovasi yang dibutuhkan tidak terlalu besar, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa kios tersebut.

Selain kondisi, Anda juga perlu melihat fasilitas yang ada pada kios. Fasilitas ini akan Anda gunakan untuk menunjang kelancaran usaha yang akan Anda jalani. Fasilitas yang umum disediakan di kios adalah listrik, air, tempat parkir, hingga jaringan internet.

Sesuaikan fasilitas yang ada dengan kebutuhan bisnis yang akan Anda jalankan. Misalnya Anda ingin berbisnis di binatu, pastikan kebutuhan air bersih dapat tercukupi karena air sebagai penunjang utama bisnis Anda.

5. Kebersihan dan Tingkat Keamanan Kios

Kawasan kios yang terlihat kumuh akan menurunkan minat calon pelanggan untuk datang. Untuk itu, Anda harus mencari kawasan kios yang terlihat rapi dan bersih agar pengunjung dapat tertarik untuk datang.

Tidak hanya kebersihan, tingkat keamanan kios juga perlu diperhatikan. Untuk mengetahui tingkat keamanan kios, Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar mengenai tingkat kejahatan di wilayah tersebut.

Selain tindak kejahatan, Anda juga perlu mempertimbangkan kondisi alam di sekitar. Kawasan kios yang merupakan kawasan rawan bencana alam seperti banjir maupun gempa akan menghambat perkembangan bisnis yang Anda jalani.

6. Harga Sewa Kios

Hal terakhir yang paling penting untuk dipahami bersama adalah harga sewa kios. Faktor tinggi rendahnya harga sewa kios biasanya ditentukan oleh lokasi dan kondisi kios.

Lokasi kios yang strategis dan di pusat keramaian pasti mempunyai harga yang lebih tinggi daripada kios di daerah pinggiran. Selain itu, kondisi kios yang baru dibangun dengan kios yang sudah terpakai pasti berbeda. Kawasan kios strategis dan baru biasanya ditawarkan dengan harga sewa yang relatif tinggi.

Anda harus mempertimbangkan dengan matang harga sewa dari kios. Jangan memaksa untuk menyewa kios dengan harga tinggi sedangkan modal yang Anda miliki belum mencukupi. Anda bisa menyewa kios dengan harga sewa yang sesuai budget. Jika dikemudian hari bisnis Anda berkembang, Anda bisa menyewa kios di kawasan yang lebih ramai dan berharga tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *