Berbeda Jenis Ternyata Berbeda Fungsi, Yuk Kenalan dengan Jenis-Jenis Bawang Putih Ini!

Bawang putih pastinya jadi bumbu dapur yang tidak bisa terlepas dari dapur Anda, karena ia termasuk bumbu dasar utama dalam setiap jenis hidangan yang akan dibuat. Bawang putih ini akan memberikan cita rasa yang lebih nikmat dan juga aroma yang sedap pada makanan. Di pasaran sendiri produk yang satu ini pastinya sudah tidak begitu asing bagi Anda bukan. Mudah untuk menjumpai bumbu dapur tersebut, bahkan harganya juga relatif terjangkau.

Jenis-Jenis Bawang Putih

Patut untuk diketahui bahwa pada dasarnya bawang putih ini punya jenis yang cukup beragam, dimana setiap jenisnya ini juga turut menentukan fungsi atau kegunaannya, agar tidak salah dalam membeli, ketahui terlebih dahulu ragam jenisnya berikut, yaitu:

  1. Bawang putih kating, jenis yang paling sering digunakan sebagai bumbu memasak di Indonesia. Ia punya ciri khas dari ukuran siungnya yang kecil-kecil disertai dengan aroma dan juga tekstur cukup menyengat.
  2. Bawang putih shin chung, ia berasal dari dataran Tiongkok, harganya yang relatif stabil bahkan juga terjangkau membuat jenis bawang putih yang satu ini banyak digunakan di Indonesia, ketika harga bawang putih kating sedang mahal.
  3. Bawang putih lanang, dikenal juga dengan nama bawang lanang, dimana produk yang satu ini berdiri sendiri atau tunggal sudah dalam bentuk bulat, tidak disertai dengan siung-siung kecil. Di Indonesia jenis yang satu ini dimanfaatkan sebagai obat herbal, apalagi dari segi aromanya sendiri juga sangat harum. Namun untuk harga memang terbilang mahal karena jarang dibudidayakan.
  4. Porcelain garlic, bentuknya sangat khas dibandingkan yang lain, karena memang tampak sangat mulus dengan bagian selaput kulit lebih tebal.
  5. Bawang putih gajah, ukurannya yang sangat besar dibandingkan dengan yang lain membuatnya dinamakan sebagai bawang putih gajah, teksturnya lebih lembut, namun untuk aromanya kurang wangi, biasanya digunakan sebagai pelengkap untuk salad.
  6. Silver skin garlic, kulit bagian luarnya berwarna putih mengkilap, ia punya aroma dan juga cita rasa yang kuat.

Kegunaan Bawang Putih

Sebenarnya ada banyak sekali kegunaan dari bawang putih ini, diantaranya adalah:

  1. Bumbu masakan, fungsi utamanya tak lain memang dipakai sebagai bahan atau bumbu untuk masakan, hampir semua jenis hidangan baik itu tumisan, sayur dan sejenisnya pasti akan mengandalkan bahan yang satu ini sebagai bumbunya.
  2. Obat, bawang putih juga banyak dipakai dalam dunia pengobatan, khususnya pengobatan herbal, banyak diantara masalah kesehatan yang dapat diredakan dengan memakai bahan ini.
  3. Campuran untuk salad, mungkin beberapa diantara Anda masih agak asing dengan hal ini, namun pada dasarnya beberapa jenis salad termasuk diantaranya adalah salad sayur memakainya sebagai pelengkap cita rasa, khususnya dengan bawang putih yang rasanya tidak terlalu kuat.

Belanja Bumbu Dapur Semakin Mudah Dengan TaniHub

Bumbu-bumbu dapur untuk memasak di rumah sekarang ini bisa didapatkan secara lebih mudah online, diantaranya adalah lewat aplikasi dari TaniHub, aplikasi yang satu ini secara khusus memang menjual beragam jenis hasil pertanian, mulai diantaranya adalah sayur, buah-buahan, ikan, daging sampai dengan bumbu masak serta sembako juga tersedia disini. Berbicara mengenai harganya bersaing dengan yang lain. Bahkan masih ada tawaran promo istimewa bagi Anda, sehingga nantinya membuat harga barang tersebut jadi jauh lebih murah dibandingkan dengan sebelumnya. jadi tak perlu ragu untuk berbelanja di TaniHub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *