5 Cara Mudah Ambil Cicilan TV Pakai Kredivo di Online

Selain cicilan smartphone, cicilan TV dan alat elektronik rumah tangga lainnya juga cukup banyak peminatnya, apalagi via e-commerce yang belanjanya mudah dan cepat. Plus, e-commerce juga menyediakan opsi cicilan yang beragam. Bisa pakai kartu kredit, bisa juga tanpa kartu kredit pakai aplikasi paylater seperti Kredivo.

Apakah kamu salah satu yang tertarik beli TV pakai cicilan online?

Kalau nggak punya kartu kredit, cara termudah untuk bisa ambil cicilan TV adalah pakai aplikasi kredit online. Bukan cuma proses transaksinya, tapi buat akun kredit online itu sendiri juga cukup mudah dan syaratnya nggak banyak.

Misalnya Kredivo, yang cuma punya 3 syarat yang harus dipenuhi sebelum kamu melakukan pendaftaran, yaitu:

  1. Kamu sudah berusia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun.
  2. Sudah bekerja dan punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Malang, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, dan Deli Serdang.

Sudah memenuhi syarat di atas? Yuk, ikuti 5 tahapan berikut ini supaya kamu bisa punya akun Kredivo yang aktif dan membeli TV yang kamu inginkan dengan cara cicilan:

Daftar akun Premium Kredivo supaya bisa dapat limit lebih besar

Mau dapat limit lebih besar s.d Rp 50 juta dari Kredivo? Ketika daftar, kamu bisa memilih tipe akun Premium. Setelah memilih tipe akun Premium, kamu bisa mengikuti instruksi pendaftaran yang tersedia. Mulai dari melengkapi formulir data diri hingga mengunggah dokumen pribadi yang dibutuhkan seperti KTP dan NPWP.

Kalau sudah selesai daftar, kamu hanya tinggal menunggu proses review dari Kredivo dan juga approvalnya. Akun kamu akan aktif dan punya limit kredit yang bisa digunakan apabila akunmu sudah disetujui.

Tentukan tipe TV yang mau kamu beli dan budgetnya

Ada banyak sekali tipe TV yang tersedia di toko maupun e-commerce. Yang terpopuler adalah Smart TV di mana kamu bisa menghubungkannya dengan internet dan mengakses berbagai tayangan streaming populer seperti Netflix, Youtube, HBO, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu mau beli TV baru untuk penggunaan pribadi di kamar dan menonton tayangan streaming favoritmu, Smart TV bisa jadi opsi yang pas. Kalau mau beli TV untuk keluarga dan diletakkan di ruang tamu untuk bersama-sama, TV LED yang ukurannya besar, bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain menentukan tipe TV-nya, tentukan juga budget maksimal untuk membeli TV tersebut. Sesuaikan budget dengan kemampuan kamu per bulan untuk membayar cicilannya. Biasanya, TV LED atau Smart TV ada di kisaran harga mulai Rp 2 jutaan untuk ukuran 32 inch.

Pilih merchant rekanan Kredivo untuk beli TV  yang kamu inginkan

Kalau pakai Kredivo, kamu akan punya banyak sekali pilihan merchant untuk bertransaksi. Sebab, Kredivo sudah bekerja sama dengan ribuan merchant dari yang online sampai yang offline. E-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Blibli, termasuk di dalamnya. Sementara toko Electronic City, adalah salah satu toko elektronik offline yang saat ini juga menjadi salah satu mitra Kredivo.

Bagi kamu yang familiar dan suka belanja online, beli TV di online bisa menjadi pilihan utama karena lebih praktis dan cepat. Tapi, kalau kamu lebih suka transaksi di toko, maka Kredivo juga bisa digunakan selama kamu memilih toko elektronik yang sudah bermitra.

Pilih tenor cicilan dan cek simulasi cicilannya dengan cermat

Untuk transaksi di merchant online atau e-commerce seperti Tokopedia, proses transaksi akan sama dengan belanja online pada umumnya. Pilih dan masukkan TV yang kamu inginkan ke keranjang, lalu checkout.

Setelah itu, di halaman pembayaran, pilih metode cicilan tanpa kartu kredit pakai Kredivo. Kemudian, kamu akan diminta untuk memilih tenor yang diinginkan.

Ada tenor pembayaran dalam 30 hari tanpa bunga (1 kali bayar full), cicilan 0% dengan tenor 3 bulan, dan juga tenor 6-12 bulan dengan bunga 2.6% per bulan.

Kamu bisa memilih salah satunya dan mengecek simulasi cicilan yang ditampilkan sesuai dengan tenor yang sudah dipilih.

Misalnya, kamu membeli 1 unit smart TV seharga Rp3.000.000. Maka simulasi cicilan TV yang tersedia dengan Kredivo kurang lebih akan menjadi seperti berikut ini:

  1. Untuk cicilan 0% dengan tenor 3 bulan, angsuran per bulannya sebesar Rp1.030.000. Sudah termasuk biaya admin sebesar 1% per bulan.
  2. Untuk cicilan tenor 6 bulan dengan bunga 2.6% per bulan, angsuran per bulannya sebesar Rp578.000.
  3. Untuk cicilan tenor 12 bulan dengan bunga 2.6% per bulan, angsuran per bulannya sebesar Rp328.000 per bulan.

Kemudian, lanjutkan transaksi dan verifikasi menggunakan password dan OTP yang dikirimkan Kredivo ke nomor HP kamu.

Periksa histori transaksi dan juga detail cicilan di akun Kredivo

Kalau transaksi sudah selesai, kamu bisa mengecek historinya secara langsung di aplikasi Kredivo. Di menu “Transaksi” kamu dapat melihat detail cicilanmu mulai dari jumlah angsuran per bulan hingga tanggal jatuh tempo pembayarannya.

Supaya nggak telat dan kenda denda bunga, jangan lupa untuk selalu mengecek tanggal pembayaran dan bayar cicilanmu tepat waktu, ya.