Tanah Papua tak perlu diragukan lagi sebagai salah satu destinasi yang banyak dituju wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Keindahan alam yang masih tetap terjaga menjadi nilai plus bagi beberapa tempat wisata di Papua.

Selain tentang Raja Ampat, masih banyak lagi pilihan destinasi yang tak kalah menakjubkan di Papua. Tanpa perlu merogoh kocek yang dalam, terdapat beberapa pilihan destinasi wisata yang sangat cocok untuk para backpacker.

Banyak tempat wisata di sekitar Kota Jayapura yang bisa dikunjungi secara gratis. Jayapura adalah Ibu Kota Provinsi Papua. Lokasinya sendiri kurang lebih 25 km dari Bandara Sentani dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Berikut ini 4 rekomendasi tempat wisata gratis di Papua yang menarik untuk dikunjungi :

1. Danau Sentani

Nama Danau Sentani tentu saja sudah tak asing di telinga kita. Danau ini adalah danau terluas di Papua, bahkan disini ada 21 pulau kecil yang ikut dan menghiasinya. Lokasinya sangat mudah dijangkau oleh wisatawan.

Kamu juga bisa menikmati keindahannya dengan mengelilingi Danau Sentani menggunakan perahu wisata yang telah disediakan. Untuk menarik perhatian wisatawan, di objek wisata ini juga diadakan Festival Danau Sentani tiap tahun. Festival tersebut biasanya diadakan pada pertengahan tahun.

Dalam kegiatan tersebut, kamu dapat menikmati berbagai macam kuliner dan buah tangan khas Papua. Selain itu, kamu pun akan disuguhi dengan berbagai pementasan upacara adat khas Papua.

2. Bukit Jokowi

Lokasi Bukit Jokowi berada di Tanjakan Skyline, Kota Jayapura. Nama bukit ini diambil dari nama Presiden Indonesia, Joko Widodo alias Jokowi. Di bukit ini, kamu bisa bersantai sekaligus menikmati es kelapa muda yang dijual oleh pemilik kedai es kelapa di sana.

Nah, pemilik kedai es kelapa menamai bukit ini dengan sebutan Bukit Jokowi karena tempat ini pernah didatangi oleh Joko Widodo. Kamu tak perlu merogoh kocek untuk bisa menikmati pemandangan di bukit ini, cukup membeli es kelapa muda untuk bisa menikmati keindahan Teluk Youtefa.

3. Air Terjun Cyclop

Lokasi Air Terjun Cyclop berada di dekat Bandara Sentani dengan jarak 25 km dari Kota Jayapura. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, kamu harus mendaki kaki gunung terlebih dahulu sekitar 20 menit.

Jalur pendakiannya merupakan jalan setapak. Meskipun jalurnya cukup menantang, namun pendakian yang ditempuh sangatlah seimbang dengan pemandangan yang disuguhkan Air Terjun Cyclop.

Selama perjalanan, para pendaki juga akan disuguhi dengan pemandangan hutan di kaki gunung. Di tempat ini akan terlihat batu – batu besar dan air yang jernih. Penduduk sekitar dan wisatawan pun dapat berenang di sungai ini. Untuk menikmati wisata ini, kamu tak perlu merogoh kocek, cukup siapkan tenaga saja.

4. Danau Love

Danau Love aslinya bernama Danau Imfote, namun penduduk sekitar memberi nama tempat ini dengan sebutan Danau Love atau Telaga Cinta karena bentuknya seperti hati. Selain menikmati pemandangan di pinggir danau, kamu juga dapat menikmati bukit dengan hamparan padang rumput di sekitar danau.

Saat perut sudah keroncongan, kamu pun dapat menikmati papeda, makanan khas Papua yang dijual penduduk sekitar. Untuk menikmati keindahan Danau Love, kamu hanya perlu membayar kurang lebih Rp. 40.000 sekaligus untuk parkir kendaraan.

Itulah tadi 4 rekomendasi tempat wisata di Papua yang bisa dikunjungi secara cuma – cuma alias gratis.